Senin, 26 Maret 2012

Sistem Eksresi Pada Manusia


Ekskresi
Adalah prosespembuangan zat-zat hasil metabolisme yang berupa cairan, garam-garam mineral dan gas. Organ Ekskresi pada manusia terdiri atas:
1. Kulit
2. Paru-paru
3. Hati
4. Ginjal

Kulit
Adalah bagian ekskresi karena mengeluarkan keringat ( terdiri atas air dan garam-garam dan mineral ) Terdiri atas 3 lapisan :
1. Epidermis : Terdiri atas Kulit ari (tidak terdapat pembuluh darah dan sel-sel saraf) dan kulit jangat (terdapat pembuluh darah sel-sel syaraf dan pigmen pewarna kulit)
2. Dermis : Terdiri atas pembuluh darah , sel-sel syaraf, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan syaraf-syaraf perasa lainnya. Jaringan ikat di bawah kulit terdiri atas lapisan lemak yang berfungsi untuk melindungi lapisan kulit (tulang dan otot).

Paru-Paru
Adalah bagian ekskresi karena mengeluarkan zat CO2. Bagian paru-paru tempat terjadinya pertukaran O2 dan CO2 adalah Alveolus.

Hati
Adalah bagian ekskresi karena mengeluarkan cairan Empedu, Cairan Empedu adalah hasil perombakan dari sel-sel darah yang sudah rusak atau mati yang dilakukan oleh hati. Hasil perombakan yang masih bisa dipakai akan dialirkan lagi ke pembuluh darah, sedangkan yang tidak dipakai, dibuang melalui ginjal : memberikan warna yang khas pada urine, melalui usus halus : memberikan warna yang khas pada veses.

Ginjal
Adalah bagian ekskresi karena mengeluarkan zat sisa berupa urine. Manusia yang sehat urinenya terdiri atas air, garam-garam mineral, urea (amoniak) dan zat-zat beracun lainnya, tidak terdapat gula, karbohidrat dan lain-lain. Ginjal manusia terdapat dua buah terdapat di rongga perut bagian belakang. Ginjal terdiri atas:
1. Kulit Ginjal (korteks)
2. Sum-sum Ginjal (medula)
3.Rongga ginjal (pelvis)

Kulit ginjal
Bagian ini terbagi dari berjuta-juta nefron tempat untuk proses penyaringan darah. Nefron terdiri atas badan malpighi. Terdiri atas kapsul Bowman dan Glomerulus

Medula
Bagian tengah ginjal yang akan dilalui urine sekunder.

Rongga Ginjal
Rongga ginjal atau pelvis merupakan organg ginjal yang paling dalam tempat penampungan urine paling dalam