Senin, 26 Maret 2012

Pengertian/defenisi dan fungsi Alat reproduksi pria dan wanita




ANATOMI PENIS DAN FISIOLOGI EREKSI PENIS

Anatomi dan Bentuk PenisPenis adalah organ seks utama yang letaknya di antara kedua pangkal paha. Penis mulai dari arcus pubis menonjol ke depan berbentuk bulat panjang. Dari pangkal ke ujung berbentuk cendawan dengan kepala penis seperti kepala cendawan tetapi bagian ujungnya agak meruncing ke depan.
Kadang-kadang orang menyebut penis berbentuk ular di mana kepala penis menjadi kepala ular atau mirip kepala ikan belut.
Pada saat istirahat, foto penis mengecil dan lembek sehingga kelihatan tergantung tidak berdaya.
Tetapi pada saat terangsang, penis akan menegang dan keras dan disebut ereksi. Ereksi yang penuh menyebabkan penis berdiri tegak ke depan atau ke atas dengan seluruh permukaan menjadi keras seperti tongkat atau batang yang tidak bisa dibengkokkan. Kondisi ini disebut ereksi penis yang normal dimana ukuran penis yang mengalami ereksi penuh berarti penis tidak bisa dibengkokkan atau ditekuk.
Panjang penis orang Indonesia waktu lembek dengan mengukur dari pangkal dan ditarik sampai ujung sekitar 9 sampai 12 cm. Sebagian ada yang lebih pendek dan sebagian lagi ada yang lebih panjang. Pada saat ereksi yang penuh, penis akan memanjang dan membesar sehingga menjadi sekitar 10 c m sampai 14 cm. Pada orang barat (caucasian) atau orang Timur Tengah lebih panjang dan lebih besar yakni sekitar 12,2 cm sampai 15,4 cm.
Bagian utama daripada penis adalah bagian erektil atau bagian yang bisa mengecil atau melembek dan bisa membesar sampai keras. Bila dilihat dari penampang horizontal, penis terdiri dari 3 rongga yakni 2 batang korpus kavernosa di kiri dan kanan atas, sedangkan di tengah bawah disebut korpus spongiosa. Kedua korpus kara kavernosa ini diliputi oleh jaringan ikat yang disebut tunica albuginea, satu lapisan jaringan kolagen yang padat dan di luarnya ada jaringan yang kurang padat yang disebut fascia buck.

Gambar Penampang Vertikal Penis
 

Korpus kavernosa terdiri dari gelembung-gelembung yang disebut sinusoid. Dinding dalam atau endothel sangat berperan untuk bereaksi kimiawi untuk menghasilkan ereksi. Ini diperdarahi oleh arteriol yang disebut arteria helicina. Seluruh sinusoid diliputi otot polos yang disebut trabekel.
Selanjutnya sinusoid berhubungan dengan venula (sistem pembuluh balik) yang mengumpulkan darah menjadi suatu pleksus vena lalu akhirnya mengalirkan darah kembali melalui vena dorsalis profunda dan kembali ke tubuh.
Penis dipersyarafi oleh 2 jenis syaraf yakni syaraf otonom (para simpatis dan simpatis) dan syaraf somatik (motoris dan sensoris). Syaraf-syaraf simpatis dan parasimpatis berasal dari hipotalamus menuju ke penis melalui medulla spinalis (sumsum tulang belakang). Khusus syaraf otonom parasimpatis ke luar dari medulla spinalis (sumsum tulang belakang) pada kolumna vertebralis di S2-4. Sebaliknya syaraf simpatis ke luar dari kolumna vertebralis melalui segmen Th 11 sampai L2 dan akhirnya parasimpatis dan simpatis menyatu menjadi nervus kavernosa. Syaraf ini memasuki penis pada pangkalnya dan mempersyarafi otot- otot polos

Corpora Cavernosa PenisSyaraf somatis terutama yang bersifat sensoris yakni yang membawa impuls (rangsang) dari penis misalnya bila mendapatkan stimulasi yaitu rabaan pada badan penis dan kepala penis (glans), membentuk nervus dorsalis penis yang menyatu dengan syaraf-syaraf lain yang membentuk nervus pudendus.
Syaraf ini juga berlanjut ke kelumna vertebralis (sumsum tulang belakang) melalui kolumna vertebralis S2-4. Stimulasi dari penis atau dari otak secara sendiri atau bersama-sama melalui syaraf-syaraf di atas akan menghasilkan ereksi penis.
Pendarahan untuk penis berasal dari arteri pudenda interna lalu menjadi arteria penis communis yang bercabang 3 yakni 2 cabang ke masing-masing yakni ke korpus kavernosa kiri dan kanan yang kemudian menjadi arteria kavernosa atau arteria penis profundus yang ketiga ialah arteria bulbourethralis untuk korpus spongiosum. Arteria memasuki korpus kavernosa lalu bercabang-cabang menjadi arteriol-arteriol helicina yang bentuknya berkelok-kelok pada saat penis lembek atau tidak ereksi. Pada keadaan ereksi, arteriol-arteriol helicina mengalami relaksasi atau pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah bertambah besar dan cepat kemudian berkumpul di dalam rongga-rongga lakunar atau sinusoid. Rongga sinusoid membesar sehingga terjadilah ereksi.
Sebaliknya darah yang mengalir dari sinusoid ke luar melalui satu pleksus yang terletak di bawah tunica albugenia. Bila sinusoid dan trabekel tadi mengembang karena berkumpulnya darah di seluruh korpus kavernosa, maka vena-vena di sekitarnya menjadi tertekan. Vena-vena di bawah tunica albuginea ini bergabung membentuk vena dorsalis profunda lalu ke luar dari Corpora Cavernosa pada rongga penis ke sistem vena yang besar dan akhirnya kembali ke jantung.
Sistem Reproduksi Pria sistem reproduksi pria meliputi organ reproduksi, spermatogenesis dan hormon pada
manusia.
Organ reproduksi

organ organ reproduksi dapat berubah macho pusat dan alfresco organ bisa berubah. Berubah-ubah organ di Dalam organ berubah macho tinggal testis, saluran getah bening dan pengeluaran aksesoris.
Testis testis (gonad jantan) berbentuk oval dan kantung pelir tengah aural (skrotum). Sebesar penjepit dari testis (testis plural =). Testis dalam anatomi ke larboard dan kanan. Larboard dan testis yang tepat berikat oleh sebuah tenda yang terdiri dari serat otot jaringan afiliasi dan lembut. tindakan testis di diterima adalah alat untuk agen setelah hormon seks dan macho disebut testosteron. Pendekatan Pendekatan Massal pengeluaran pada organ berubah macho tinggal epididimis, vas deferens, dan saluran uretra aklamasi. Epididimis epididimis adalah pendekatan berkelok-kelok dalam skrotum adalah keluar dari testis. Penjepit pada epididimis nomor yang sesuai dan kiri. Epididimis berfungsi sebagai akumulator bertindak dari agen agen sampai jatuh tempo dan bergerak melawan vas deferens. Vas deferens vas deferens, atau pendekatan agen (ductus deferens) adalah sebuah band yang mengarah langsung menuju ke dan ketekunan dari epididimis. Vas deferens tidak diserap ke testis dan akhir dari pendekatan ini pada kelenjar prostat. Vas deferens berfungsi sebagai area pendekatan lorong agen dari epididimis ke dalam tas kantung perekat atau berry (vesikula seminalis). Pendekatan Pendekatan aklamasi aklamasi adalah tas menghubungkan saluran menyingkat semen dengan uretra. pendekatan ini berfungsi untuk menghapuskan agen untuk akses ke uretra. Uretra uretra adalah akhir amplitudo berubah independen dalam penis. uretra berfungsi sebagai alat kelamin amplitudo diperoleh dari perlengkapan perekat dan saluran untuk menghapuskan urin dari kandung kemih. Kelenjar Akesori untuk agen melalui saluran-saluran belanja, ada pencapaian jenis akrilik konsisten oleh kelenjar aksesori. Resin ini berfungsi untuk memajukan rangkaian kegiatan dan sperma pergerakakan. Kelenjar kelenjar seks aksen yang terdiri dari vesikula seminalis, kelenjar prostat dan kelenjar Cowper. The vesikula seminalis ini vesikula seminalis atau perlengkapan perekat (biji tas) adalah kelenjar menyesuaikan diri yang tengah abaft kandung kemih. Bank setelah vesikula seminalis zat makanan yang makanan yg untuk sperma. Kelenjar prostat kelenjar prostat tentang uretra bagian atas dan tengah di bawah kandung kemih. Kelenjar prostat menghasilkan getah yang mengandung kolesterol, alkali dan fosfolipid yang berperan untuk kelangsungan hidup agen. Kelenjar Cowper Kelenjar Cowper (kelenjar bulbouretra) adalah kelenjar yang mutlak saluran untuk uretra. Kelenjar Cowper memproduksi bau getah (basis). organ organ reproduksi Luar asing macho mematuhi berubah dari penis dan skrotum. penis Penis terdiri dari tiga jaringan rongga spons mutlak. Dua rongga yang tengah di bagian atas jaringan blot dari bulk gua. Satu rongga lagi di basal anatomi accoutrement blot jaringan uretra spongiosum massal. Uretra pada jaringan penis arrect KK oleh socket rongga-mengakomodasi berlimpah kapal anggur merah dan ujungujung
sensitif saraf. Jika ada stimulus, atrium yang berlimpah dengan anggur merah sehingga penis menjadi tegang dan memperamatkan (ereksi). Skrotum Skrotum (kantung pelir) adalah kantung yang berisi testis. Skrotum nomor pasangan, tepat dan skrotum larboard skrotum. Di tengah-tengah skrotum dan tepat dari skrotum larboard terbatas isolasi dalam anatomi jaringan afiliasi dan daging sapi lembut (dartos otot). daging sapi Dartos tindakan untuk memindahkan skrotum sehingga dapat menggulung dan rileks. Dalam skrotum tambahan serat daging sapi tedapat dasar dari otot perut Bank alveolate transmisi, kremaster daging sapi diduga. Ini bertindak anatomi sebagai pengatur suhu testis Suasana dalam rangka
kondisi stabil. Tindakan akumulasi agen (spermatogenesis) membutuhkan suhu yang kekal, yaitu beberapa derajat lebih rendah dari suhu anatomi. Spermatogenesis Spermatogenesis terjadi di dalam testis, bukan tubulus seminiferus. Spermatogenesis melibatkan pematangan awal epitel daging sapi melalui proses analisis sel dan diferensiasi, yang bertujuan untuk membentu sperma anatomis. kematangan sel terjadi di tubulus seminiferus yang lagi disimpan dalam epididimis. dinding tubulus seminiferus terdiri dari jaringan afiliasi dan jaringan epitel germinal (jaringan epitel benih) adalah aktivitas pada saat spermatogenesis. Shuttle-shuttle tubulus seminiferus hadir dalam ruang testis (testis lobular). Satu testis biasanya mengandung sekitar 250 lobulus testis. tubulus seminiferus mematuhi dari awal cukup massal epitel daging sapi (daging sapi epitel benih) disebut spermatogonia (spermatogonium = tunggal). Spermatogonia yang tengah dalam dua atau tiga lapis asing daging sapi epitel tubulus seminiferus. Spermatogonia membagi dua terhubung ke karbon diri mereka sendiri, sebagian dari spermatogonium berbeda melalui tahap-tahap pengembangan untuk agen anatomi yang spesifik. Pada tahap spermatogenesis asli, spermatogonium adalah diploid (2n kromosom atau 23 pasang mutlak), agregat di tepi film dugaan epitel tanda awal spermatogonium pelanggaran A. Spermatogenia tanda A dalam mitosis menjadi spermatogonia tanda B. Kemudian, setelah itu penjepit pemecahan kali, daging sapi ini akhirnya menjadi spermatosit primer yang masih diploid. Setelah itu santai beberapa minggu, ulang tahun membagi meiosis spermatosit primer untuk anatomi dua spermatosit aksesori adalah haploid. spermatosit Aksesori lagi membagi lagi oleh meiosis untuk anatomi empat spermatid. Spermatid adalah kandidat yang tidak menerima ekor agen dan haploid (n atau 23 kromosom yang mengakomodasi berpasangan). Anniversary spermatid berdiferensiasi menjadi spermatozoa (sperma). Tindakan spermatid berubah menjadi agen dugaan spermiasi. Kembali spermatid dibentuk pertama, spermatid menerima penampilan seperti sel epithelial. Namun, setelah itu spermatid mulai memanjang menjadi sperma, itu akan muncul anatomi terdiri dari ekor aktif dan. arch Agen terdiri dari sel-sel dengan sitoplasma blubbery jumlah sedikit. Di film terlihat pada akhir lengkungan agen adalah blubbery cadar yang disebut akrosom. Akrosom berisi enzim hialuronidase dan proteinase yang menembus band tindakan untuk melindungi sel telur. Dalam tambahan agen agen kecelakaan di tengah sperma rata-rata. Tubuh sperma mengandung mitokondria yang berfungsi sebagai duta kegiatan untuk motilitas agen. Tanggal spermatogenesis adalah karena akses daging sapi Sertoli yang menerima fungsi-fungsi khusus untuk menyediakan makanan dan menyesuaikan tindakan spermatogenesis. Hormon dalam aksi spermatogenesis Macho marah oleh kardinal hormon, yaitu testosteron, LH (luteinizing hormone), FSH (hormon estetika folikel), estrogen dan hormon pertumbuhan. Testosteron Testosteron dikubur oleh Leydig daging sapi di tengah tengah tubulus seminiferus. Hormon ini penting untuk tanggal analisis sel darah daging antibodi terhadap sperma anatomi, normal analisis meiosis membentuk spermatosit aksesori. LH (luteinizing Hormone) LH yg dimakamkan oleh kelenjar hipofisis. LH merangsang fungsi daging sapi Leydig untuk mengubur FSH testosteron (hormon estetika folikel) FSH adalah tambahan dikubur oleh sel pendahuluan kelenjar hipofisis dan merangsang aktivitas sel-sel Sertoli. Tanpa stimulasi ini, wajah-tentang tentang spermatid
menjadi agen (spermiasi) tidak akan terjadi. Estrogen Estrogen dibentuk oleh sapi Sertoli kembali marah oleh FSH. Sertoli tambahan daging sapi mengubur sebuah protein androgen bounden yang mengikat testosteron dan estrogen dan membawa mereka ke dalam air dalam tubulus seminiferus. Kedua hormon ini dapat diakses untuk pematangan sperma.
Hormon pertumbuhan hormon Advance telanjang untuk menyesuaikan fungsi metabolisme testis. Hormon khusus meningkatkan kemajuan istirahat asli di spermatogenesis. Gangguan pada sistem reproduksi Macho Hipogonadisme Hipogonadisme adalah pengurangan dalam aksi testis diakuisisi oleh gangguan interaksi hormon, seperti testosteron dan hormon androgen. Gangguan ini account infertilitas, pantang dan tidak tanda-tanda kepriaan. Penanganan dapat dilakukan dengan terapi hormon. Kriptorkidisme Kriptorkidisme aborsi adalah salah satu atau kedua testis untuk turun dari atrium perut ke dalam skrotum pada bayi. Ini dapat disarankan dengan hewan hormon chorionic gonadotropin untuk mengaktifkan terstoteron. Jika tidak muncul ke bawah, juga dilakukan operasi. Uretritis Uretritis merupakan pendalaman uretra dengan kasih sayang dari antusias dalam penis dan buang air kecil diterima. The diterima basil terbaik menyebabkan uretritis adalah Chlamydia trachomatis, Ureplasma urealyticum atau virus kanker.
Prostatitis prostatitis adalah pendalaman prostat. account mungkin bakteri, seperti bakteri Escherichia coli atau tidak. Epididimitis epididimitis adalah infeksi yang umumnya terjadi di saluran berubah jantan. epididimitis account Basil Tahan adalah E. coli dan Chlamydia. Orkitis orkitis adalah peradangan pada testis diakuisisi oleh virus parotitis. Jika Anda tampaknya laki-laki yang dikembangkan dapat menyebabkan kemandulan.